bla-bla-bla

nama gue
DARA ANJANi


gue di lukiss

Sabtu, 20 Februari 2010

PEMANFAATAN REAKSI ASAM BASA di BIDANG KESEHATAN

Di bidang kesehatan, prinsip raksi asam-basa dimanfaatkan untuk mengobati penyakit magg, sengatan lebah, dan sengatan tawon. Apakah kamu pernah menderita penyakit magg ? Obat apakahyang biasa digunakan untuk mengobati sakit magg ? Sakit magg disebabkan kelebihan asam yang diproduksi lambung sehingga menyebabkan iritasi di selaput lendir lambung. Di dalam lambung, makanan digiling kembali menjadi bentuk yang lebih kecil untuk dialirkan ke duodenum (bagian awal dari usus kecil. Lambung dapat memproduksiasam lambung yang mengandung asam klorida dan pepsin (hormon pencernaan). Asam tersebut berfungsi membantu pencernaan makanan.
Meskipun asam klorida bersifat korosif, asam klorida tidak merusak lapisan lambung karena tubuh manusia dikaruniai Tuhan lapisan mukosa yang berfungsi melindungi lambung dan alat pencernaan lainnya dari kekorosifan asam. Jadi, dalam kondisi normal, asam diperlukan untuk membantu pencernaan dalam mengolah makanan. Jika produksi asam di lambung berlebih, menyebabkan lapisan mukosa berlubang sehingga lambung menjadi luka.
Untuk menurunkan asam lambung yang berlebihan dapat digunakan obat magg. Obart magg atau biasa dikenal dengan istilah antasid mengandung senyawa basa atau garam bersifat basa. Senyawa basa di dalam obat magg dapat menetralkan asam lambung sehingga dapat mengatasi gejala sakit magg, diantaranya magnesium hidroksida, alumunium hidroksida, alumunium karbonat, kalsium karbonat, dan natrium bikarbonat.
Prinsip reaksi asam dan basa juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati sengatan lebah dan tawon. Berdasarkan hasil penelitian, sengatan lebah mengandung campuran asam amino, asam formiat, asam klorida, dan asam fosfat. Adapun sengatan tawon mengandung senyawa basa. Dengan mengetahui jenis senyawa yang terkandung dalam sengatan lebah dan tawon. Asam yang terkandung dalam sengatan lebah dapat dinetralkan dengan mengoleskan senyawa basa, seperti sabun ke kulit yangtersengat. Adapun basa yang terkandung dalam sengatan tawon dapat dinetralkan dengan menambah senyawa asam, seperti asam cuka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar